Rabu, 28 Desember 2011

RPP Masyarakat Multikultural

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 2

Standar Kompetensi   : 1.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar : 2. 3.   Menganalisis  keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
                                           multikultural.
RPP Masyarakat Multikultural

RPP Kelompok sosial

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              :
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X I / 2

Standar Kompetensi     : 1.  Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar   : 2. 2.   Menganalisis  perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
                                           multikultural.                                        
Indikator                 :
RPP Kelompok sosial

Kamis, 22 Desember 2011

Contoh LKS


BAB I
KELOMPOK SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL
·         STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
·         KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Contoh LKS

Struktur Sosial, Konflik, dan Mobilitas Sosial


Struktur Sosial serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
A. Pengertian Struktur Sosial
Struktur sosial merupakan susunan atau konfigurasi dari unsur-unsur sosial yang pokok dalam masyarakat, yaitu kelompok,  kelas sosial,  nilai dan norma sosial, dan lembaga sosial.

Struktur Sosial, Konflik, dan Mobilitas Sosial

Struktur Sosial


BAHAN AJAR

BAB I
Struktur Sosial
Standar Kompetensi   :  Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar       :  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat

Struktur Sosial

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMA Negeri 1 Cepu
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI/ 1
Program : IPS
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat

Indikator :
• Mendefinisikan pengertian struktur sosial
• Mendeskpripsikan ciri-ciri struktur sosial
• Mengidentifikasi fungsi stuktur sosial di masyarakat
• Mengklasifikasikan jenis dan bentuk struktur sosial di masyarakat

Alokasi Waktu : 2 x 45menit (1 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang stuktur sosial
2. menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
3. mengidentifikasi fungsi struktur sosial di masyarakat
4. mengklasifikasikan jenis dan bentuk struktur sosial di masyarakat

B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat struktur sosial
2. Ciri-ciri struktur sosial
3. Fungsi struktur sosial
4. Jenis dan bentuk-bentuk struktur sosial

C. Model Pembelajaran
• Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
D. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Kerja mandiri
3. Diskusi
4. Studi pustaka

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan :
1. Mengajukan pertanyaan awal berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
2. Menjelaskan tujuan Pembelajaran atau Kompetensi Dasar yang akan dicapai
3. Menyampaikan cakupan-cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan

2. Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan mendalam tentang struktur sosial yang akan dipelajari dengan menggunakan berbagai sumber.
2. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar perserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

b. Elaborasi
Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 4 sampai 5 orang.
2. Menugaskan tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan tentang bagaimana fungsi struktur sosial dalam masyarakat modern dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya.
3. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil diskusi.
4. Siswa yang lain memberikan tanggapannya, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
5. Guru dapat mengulangi atau menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami peserta didik.



c. Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai Kompetensi Dasar.

3. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman
2. Melakuan refleksi
3. Merencanakan tindak lanjut ( melakukan pengayaan atau remidial )
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


F. Sumber pembelajaran:
b. Buku Sosiologi SMA kelas 2 Yudhistira halaman
c. Buku Sosiologi Suatu Pengantar Rajawali Pers
d. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.


E. Media pembelajaran
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Power Point
F. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi
2. Penilaian proses


                                                                                                                     Cepu,


Mengetahui :
Kepala SMA N 1                                                                    Cepu Guru Bidang Studi


Mastur, M,Pd                                                                           Tri Setiyani Rahayu, S,Pd
Contoh RPP

Selasa, 06 Desember 2011

Macam-macam badan usaha

Perusahaan Perorangan
Perusahaan perorangan adalah perusahaan yang dijalankan dan dimodali oleh satu orang sebagai pemilik dan penanggung jawab. Utang perusahaan berarti utang pemiliknya. Dengan demikian seluruh harta kekayaan si pemilik jadi jaminan perusahaan. Badan Usaha seperti ini tidak perlu berbadan hukum, walaupun jika ingin, boleh dilakukan.
Macam-macam badan usaha