RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Negeri 1 Cepu
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : XI/ 1
Program : IPS
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
Indikator :
• Mendefinisikan pengertian struktur sosial
• Mendeskpripsikan ciri-ciri struktur sosial
• Mengidentifikasi fungsi stuktur sosial di masyarakat
• Mengklasifikasikan jenis dan bentuk struktur sosial di masyarakat
Alokasi Waktu : 2 x 45menit (1 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang stuktur sosial
2. menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
3. mengidentifikasi fungsi struktur sosial di masyarakat
4. mengklasifikasikan jenis dan bentuk struktur sosial di masyarakat
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat struktur sosial
2. Ciri-ciri struktur sosial
3. Fungsi struktur sosial
4. Jenis dan bentuk-bentuk struktur sosial
C. Model Pembelajaran
• Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
D. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Kerja mandiri
3. Diskusi
4. Studi pustaka
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan :
1. Mengajukan pertanyaan awal berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
2. Menjelaskan tujuan Pembelajaran atau Kompetensi Dasar yang akan dicapai
3. Menyampaikan cakupan-cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
2. Kegiatan Inti :
a. Eksplorasi
1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan mendalam tentang struktur sosial yang akan dipelajari dengan menggunakan berbagai sumber.
2. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar perserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 4 sampai 5 orang.
2. Menugaskan tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan tentang bagaimana fungsi struktur sosial dalam masyarakat modern dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawabannya.
3. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil diskusi.
4. Siswa yang lain memberikan tanggapannya, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
5. Guru dapat mengulangi atau menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami peserta didik.
c. Konfirmasi
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai Kompetensi Dasar.
3. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman
2. Melakuan refleksi
3. Merencanakan tindak lanjut ( melakukan pengayaan atau remidial )
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
F. Sumber pembelajaran:
b. Buku Sosiologi SMA kelas 2 Yudhistira halaman
c. Buku Sosiologi Suatu Pengantar Rajawali Pers
d. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
E. Media pembelajaran
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Power Point
F. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi
2. Penilaian proses
Cepu,
Mengetahui :
Kepala SMA N 1 Cepu Guru Bidang Studi
Mastur, M,Pd Tri Setiyani Rahayu, S,Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar